Sharing Informasi Semoga Berkah

AWAS !! Pasang Iklan Poptm Merugikan Anda & Orang Lain

Poptm - Informasi ini memang hanya sekedar curhatan rasa penasaran saya. Sewaktu mengunjungi blog saya menggunakan hape. Seperti biasanya, saat membuka alamat blog maka proses loading pun dimulai sampai selesai, saat kita klik layar hape maka blog seperti tertutup sementara lalu loading ulang dan muncul lagi. Setelah proses itu, tidak ada yang aneh lagi, lancar seperti biasa. Tapi sesaat kemudian hal yang aneh terjadi. Tiba-tiba ada sms masuk, dan menyedot pulsa (seharusnya)...

Untunglah simcard pertama tidak ada pulsanya, hanya kuota internet saja. Haha.. Tau sendiri kan apa yang terjadi, "..bla.bla.ba.. pulsa anda tidak mencukupi..", Alhamdulillah, aman. Tapi, kemudian saya berpikir, bagaimana jika ini terjadi pada orang lain yang simcard utamanya ada pulsanya. Saya jadi termenung dan berpikir lama, blog saya memiliki pageview ribuan per hari. Trus kalau ini terjadi pada ribuan orang tersebut bagaimana, duh! (tepuk jidat).

Waduh, berarti telah banyak orang yang rugi dan tersedot pulsanya karena mengunjungi blog saya. Ampun deh, saya sedih dan merasa bersalah 😓 Semoga orang-orang yang telah rugi karena datang ke blog saya mau memaafkan ketidaktahuan saya. Jujur saya tidak tahu, dan ini berlangsung sekitar satu bula lamanya.

korban poptm sms berlangganan

Karena itulah, informasi ini dibuat. Semoga kesalahan saya karena memasang Poptm selama lebih kurang sebulan ini bisa dimaafkan. Dan semoga ini bisa menjadi Solusi Mengatasi Masalah Tersedot Pulsa Karena Berlangganan di 97456. Dan semoga korban dari masalah ini juga semakin berkurang. Kenapa 97456?

Sebelum dilanjut agar lebih urut pemahamannya bisa simak penjelasan berikut ini dulu. Tapi jika malah membuat bingung silakan abaikan dan langsung loncat saja ke bagian solusi. Hehe

Poptm

Poptm adalah salah satu cara mendapatkan penghasilan online berupa dollar $. Ini adala salah satu jenis CPM (Click per Million). Apa itu CPM, artinya adalah kita akan dibayar sejumlah uang jika iklan yang ditayangkan mencapai 1000 (seribu view). Ya, seribu view (tayang), tidak besar memang, tapi lumayan jika faktor kalinya tinggi karena visitor blog yang tinggi.

Awalnya saya pikir Poptm ini bagus dan aman, karena iklan ini cuma tayang sekali saja untuk satu pengunjung dengan alamat IP yang sama. Anggap saja ketika anda berkunjung di blog saya, maka iklan hanya tayang sekali saja meskipun anda membuka artikel lainnya berkali-kali.

Sayangnya batas waktu iklan untuk tayang berikutnya hanya 1 jam. Jadi setelah satu jam kemudian anda membuka blog saya lagi, maka iklan pun akan tayang lagi. Tapi, saya anggap tak apalah, karena pengunjung blog paling juga betah berlama-lama di blog ga lebih dari 30 menit.

Ini Awal Masalah Poptm

Awalnya si gitu mikirnya, tidak tahunya ada iklan Poptm yang membuat saya kaget, yaitu iklan yang dapat menyedot pulsa, masa sih bisa? Ya, serius. Ini semacam bot (program otomatis) yang akan melakukan dial SMS dari nomor anda, dan melakukan registrasi berlangganan ke nomor 97456 tadi. Seketika itu juga nomor hape anda akan didaftarkan secara otomatis tanpa perlu persetujuan dari anda.

Ya memang, di SMS balasan dari 97456 ada keterangan UNREG untuk berhenti berlangganan. Tapi tetap saja, pulsa sudah tersedot seketika itu tadi saat REG Otomatis yang dilakukan oleh bot. Ingat! walapaun tanpa kita membalas YA, nomor anda akan tetap terdaftar dan berlangganan. Akibatnya pulsa anda akan tersedot terus tiap minggunya. Entah, mungkin tiap hari atau tiap bulan tersedot pulsanya. Karena nomor saya belum sempat teregistrasi otomatis.

Apakah hal tersebut bisa diadukan ke pusa toperator dan menghentikan layanan dari 97456, entahlah. Belum saya telusuri. Yang pertama saya lakukan adalah mencari bukti dulu, dan mengadukannya ke Poptm dulu. Semoga ada hasilnya.

dashboard poptm tidak ada menu block iklan

Awalnya saya mencari-cari menu block, untuk memblokir iklan yang tidak saya sukai, tapi tidak ketemu menunya dan sepertinya memang tidak ada layanan block iklan dari situs tertentu (seperti gambar di atas). Kemudian saya lanjutkan menanyakan langsung ke Poptm, chat pun dikirim dan dibalas, pertanyaan demi pertanyaan dijawab oleh Poptm, sampai akhirnya saya melaporkan masalah ada unit iklan yang saya tidak sukai karena melakukan pendaftaran otomatis dengan bot dan tanpa persetujuan dari orang yang punya nomor hape. Dan apa yang terjadi..

Poptm pun katanya terkejut karena baru pertama kali ada yang komplain masalah seperti itu. Entah itu reaksi betulan atau hanya sandiwara saja. Hehe.. Yang jelas saya berusaha untuk memblokir iklan tersebut dengan menujukkan bukti berikut ini.

poptm 97456 iklan sms yang menyedot pulsa

Bukti sudah dikirim, dan chat pun segera ditutup. Endingnya, Poptm akan memantau kembali jika ada pelanggaran dan akan menonaktifkan situs tersebut agar tidak tayang dari blog saya. Entahlah, itu benar dilakukannya atau sekedar formalitas belaka. Hehe.. (dalam hati saya berkata) "pokoknya saya sudah gak niat lagi memasang Poptm" Mau iklannya diblokir atau egak, emang gue pikirin. Sudah kecewa saya, ya sudah. Saya stop aja.

Ternyata Pendapatan Google Adsense Turun Gara-Gara Poptm

Buat saya, Google Adsense tetap paling gurih. Dan penasaran saya pun berlanjut. Hari itu juga saya banding-bandingkan apakah ada pengaruhnya dengan pendapatan Google Adsense jika blog dipasang Poptm dengan tanpa dipasang Poptm. Karena kebetulan saya cek penghasilan Adsense untuk hari ini kok menurun drastis, padahal kunjungan blog meningkat 50%. Sepertinya ada yang aneh.

blog meningkat tapi pendapatan adsense turun

Akhirnya saya uji coba, blog saya yang lainnya dengan akun adsense berbeda pula. Saya coba pasang kode  Poptm, dan ternyata benar tidak sampai sehari saja sudah terlihat hasilnya. Jelas sekali bahwa pendapatan Adsense menjadi turun drastis, padahal kunjungan blog masih stabil dibandingkan dengan hari kemarin.


Jelas, rugi banget ternyata kalau pasang Poptm. Secara.. bayaran dari Poptm bila dibandingkan dengan Adsense masih kalah jauh. Katakanlah dengan kunjungan 1000 view pendapatan Adsense bisa dapat Rp. 7ribuan, sedangkan Poptm dengan 1000 view cuma dapat sekitar $0,5 saja.

poptm dibandingkan dengan google adsense

Belum lagi ditambah lagi orang yang kita rugikan dan menjadi korban akibat pulsanya tersedot oleh layanan berlangganan dari 97456 yang tidak penting bangettt, pokoknya tidak penting sekali deh. Dan mungkin tidak hanya nomor itu saja yang melakukan auto bot sms berlangganan. Karena itu waspadalah jika mengunjungi blog yang ada iklan Popup nya. Lihatlah ini, apakah tidak kasihan?

poptm korban sms berlangganan berbayar

Sungguh kasihan, kalau ada orang-orang yang menjadi tumbal bagi pendapatan dollar yang tidak seberapa. Apakah uang yang kita peroleh itu halal atau haram. Saya tidak berani menjawabnya, hanya MUI yang berhak, hehe.. Saya cuma berani menjawab yang jelas itu tidak baik. Maka dari itu, tulisan poptm review ini saya buat.

Cukup sudah, sebelum terlanjur berlama-lama dan menjadi masalah yang akut karena tidak nyaman di hati, maka iklan Poptm saya hentikan dan tidak lagi saya pasang di blog. Semoga blog saya kembali ramai lagi dengan pengunjung dan ramai juga recehan dollar yang dari Adsense saja. hehe.. Amin.

Tips Agar Tidak Terkena SMS Berlangganan Saat Berkunjung ke Blog yang Ada iklan Popupnya

Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk anda yang awam dengan iklan yang ada di blog.
  • Gunakanlah PC atau komputer saat browsing mencari informasi atau referensi agar terhindar dari auto bot iklan popup yang dapat memakai pulsa anda, terutama di blog-blog yang ramai pengunjungnya.
  • Gunakan simcard utama dengan simcard yang tanpa pulsa, kemudian simcard kedua adalah nomor hape utama anda yang ada pulsanya.
    Jika hapenya cuma support 1 simcard, maka berhati-hatilah karena tidak ada solusi lagi.
  • Jika terlanjur nomor hape terdaftar dengan layanan berlangganan, segera lakukan UNREG atau ikuti sesuai petunjuk yang ada di sms yang masuk. Karena biasanya juga ada sms balasan dari nomor pusatnya. Dan agar pulsa anda tidak tersedot lagi di kemudian hari.
  • Jika kode UNREG, STOP, dan sejenisnya tidak bisa, ya sudah.. sebaiknya habiskan pulsa anda untuk telp/sms sampai tak tersisa, diamkan selama kurang lebih seminggu atau dua minggu. Biasanya perpanjangan otomatis dari nomor 97456 mungkin akan gagal dan artinya sudah bebas dari berlangganan lagi.
  • Tapi jika cara di atas masih juga tidak berhasil, silakan hubungi operator masing-masing ya sob, semoga bisa diblokir oleh operator.
Jika ada saran tips atau ide lainnya silakan tambahkan dalam komentar ya sob.

Saran untuk para Publisher yang Menggunakan Poptm atau Iklan Popup Lainnya

Bagaimanaun anda lah yang punya blog dan memang saya tidak berhak melarang. Namun saya cuma memberikan saran untuk melakukan uji coba terlebih dahulu terhadap iklan-iklan popup yang Anda pasang. Apakah itu merugikan orang lain dan jadi korban kehilangan uangnya (pulsa) meskipun hanya dalam jumlah sedikit, ataukah tidak?

Jika iya memakan korban, dan jika blog Anda visitornya tinggi, maka otomatis semakin banyak pula korban yang kehilangan uang (pulsa) karena iklan popup anda. Memang tidak semua iklan popup seperti itu, tapi cobalah lakukan pengujian dan buktikan dulu dengan hape sendiri agar bisa dipastikan bahwa iklan tidak ada yang bermasalah.

Karena seperti halnya Poptm, tidak ada pengaturan untuk blokir iklan tertentu. Berbeda jika menggunakan Google Adsense. ada pengaturan untuk blokir iklan yang tidak kita inginkan.

Sejauh ini, Adsense masih yang paling gurih, silakan dicoba. Walaupun begitu Adsense pun terkadang ada iklan yang tidak layak ditayangkan dan perlu diblokir.

Yakinlah bahwa sekecil apapun pendatan yang anda peroleh dari online, jika itu baik caranya insya Alloh akan menjadi berkah. Tapi sebaliknya, sebesar apapun uang yang anda peroleh dari online, jika itu dilakuan dengan cara yang tidak baik mungkin tidak akan ada berkah di dalamnya, dan anda mungkin tidak akan pernah merasa puas dan terus merasa kekurangan meskipun sebenarnya yang didapatkan cukup besar atau berlimpah.

Itu saja curhatan tentang Poptm review yang mungkin cukup amburadul tulisannya. Tapi semoga anda yang masih awam seperti saya ini bisa memahami informasi yang saya tulis. Silakan bagikan kepada teman-teman lainnya agar tidak menjadi korban berikutnya. Terima kasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
virtuarchive
Tags :

Populer Lainnya : AWAS !! Pasang Iklan Poptm Merugikan Anda & Orang Lain

0 comments:

Post a Comment